Melaksanakan Qurban adalah Ibadah yang dilaksanakan satu tahun sekali dan diperingati pada hari raya Idul Adha, setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Sahabat Al Hilal, InsyaAllah pada tahun 2021 ini, Idul Adha akan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2021. Sungguh tidak ada alasan apapun untuk tidak Bahagia di hari Raya Idul Adha, khususnya bagi umat Islam yang belum dapat melaksanakan Ibadah Haji.

Melaksanakan Qurban pun dapat menjadi pengganti untuk menunjukkan ketaqwaan kepada Allah SWT, karena terdapat beberapa keutamaan Ibadah Qurban yang dilaksanakan setiap 10 Dzulhijjah di berbagai Dunia. Sahabat Al Hilal, bahkan Allah SWT telah mewajibkan umat Muslim yang mampu untuk melaksanakan Qurban. Hal tersebut pun telah Allah SWT firman-kan dalam QS. Al Kautsar ayat 2, yang artinya:

“Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).” (Al-Kautsar: 2).

Tapi, apakah sahabat Al Hilal sudah mengetahui apa keutamaan yang akan didapat ketika melaksanakan Qurban? Dilansir dari laman JawaPos inilah keutamaan ketika kita melaksanakan Qurban:

  1. Media Tingkatkan Taqwa Pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Tahukah sahabat Al Hilal, salah satu keutamaan berqurban yaitu kita dapat membuktikan kepatuhan dan ketaatan kepada Allag SWT. Dengan begitu, Allah SWR memerintahkan kepada malaikat untuk memberikan kepada seorang hamba yang berqurban.

  • Saksi Pemberat Amal Kebaikan di Akhirat

“Pada setiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Kelak, di hari akhir, hewan yang kita qurban pun akan menjadi saksi di hari penghitungan amal.

  • Melaksanakan Ibada Qurban Bagian dari Syiar Agama

Seperti yang kita ketahui, awal mula adanya ibadah kurban adalah kisah dari Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Dan hingga saat ini, Ibadah Qurban adalah bagian dari syiar agama Islam.

  • Etalase Sistem Sosial dan Kemanusiaan Islami

Sungguh, Ibadah Qurban menjadi contoh nyata bagaimana Islam mengatur aspek kemanusiaan, sosial, bahkan juga perekonomian umatnya. Distribusi daging qurban yang menyeluruh bahkan ke Pelosok-Pelosok Desa, menjadi contoh baik dalam menjaga harmonisnya kehidupan sosial kemasyarakatan umat Islam.

  • Qurban Tanda Syukur

Dengan melaksanakan Ibadah Qurban, kita diajak untuk meresapi lebih dalam tentang makna mensyukuri nikmat Allah SWT. Sungguh, perintah qurban pun hadir di kala Rasulullah SAW sedang berada dalam tekanan dan serangan oleh kaum kafir.

Masih ragu uuntuk berqurban? Walaupun kita masih ada dalam situasi Pandemi yang masih belum mereda, InsyaAllah, Allah SWT akan menjaga kita semua. Wallahu’alam.

Informasi & Call Center

🌐 Website: www.alhilal.or.id

☎ Telpon: 022-2005079

📱 WA: 081 2222 02751

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *